Sabtu, 01 April 2017

Jawaban UTS PTI

1. Jelaskan secara terperinci tentang Teknologi Informasi dipandang dari sudut: Pengertian, Perkembangan, Pengelompokan, Komponen, Klasifikasi, serta Peran dan Manfaat.
Jawab
A.    Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas  pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas  pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer seperti printer, pembaca sidik jari, CD-ROM, Prosesor, disk, dan lain-lain. Komputer merupakan mesin serbaguna yang dapat digunakan untuk keperluan pengolahan data apa saja menjadi informasi yang berguna. Hal ini dimungkinkan  karena komputer dapat dikendalikan oleh program yang terdiri atas sederetan instruksi. Komputer akan bertindak sesuai instruksi yang diterimanya dari program. Dengan kata lain komputer akan bertindak sesuai keinginan pembuat program.
Teknologi komunikasi atau telekomunikasi merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Termasuk teknologi telekomunikasi yang kita gunakan sehari-hari adalah telepon, televisi, radio, handy-talky, handphone. Dikatakan sebelumnya bahwa teknologi informasi merupakan konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi, saat ini teknologi telekomunikasi yang disebutkan di atas telah dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer. Sehingga beberapa
komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Inilah makna dari kata “konvergensi” di atas.

B.     Perkembangan.
Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan

e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e, seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library,e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Dalam sejarah perkembangan pendidikan, teknologi informasi adalah bagian dari media yang digunakan untuk menyampaikan pesan ilmu pada orang banyak, mulai dari teknologi percetakan beberapa abad yang lalu, seperti buku yang dicetak, hingga media telekomunikasi seperti, suara yang direkam pada kaset, video, televisi, dan CD. Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru. Layanan online dalam pendidikan baik bergelar maupun tidak bergelar pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (mahasiswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, pengumuman, dll. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
C.    Pengelompokan
Telah diketahui bahwa teknologi informasi mencakup teknologi komputer dan teknologi komunikasi. lebih rinci teknologi informasi dapat dikelompokkan menjadi:
1.  Teknologi masukan (input technology),teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam sistem computer.

2. Mesin pemroses (processing machine),lebih dikenal dengan sebutan CPU (central Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor.

3. Teknologi penyimpan, dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan penyimpan eksternal.

4.  Teknologi keluaran (output technology), teknologi yang berhubungan dengan segala peranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system.

5.  Teknologi perangkat lunak (software) atau dikenal juga dengan sebutan program adalah, deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
Dari uraian di atas, teknologi informasi ( TI ) mencakup gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi itu sendiri.  Komputer sebagai perangkat keras dengan software-software sebagai perangkat lunak yang berfungsi untuk sarana pengolahan maupun penyimpanan data yang nantinya dikirimkan melalui saluran komunikasi.
D.    Komponen Teknologi Informasi
Komponen teknologi informasi merupakan sub sistem yang terbentuk  sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk dapat memanfaatkan  teknologi informasi, umumnya dibutuhkan setidaknya tiga komponen utama; perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brainware). Untuk perangkat telekomunikasi diasumsikan termasuk dalam komponen hardware.
Perangkat keras disini merupakan perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi. Contoh perangkat keras disini misalnya, monitor, keyboard, mouse, printer, harddisk, memori, mikroprosesor, CD-ROM, kabel jaringan, antenna telekomunikasi, dan lain-lain.

Perangkat lunak disini merupakan program yang dibuat untuk keperluan khusus. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga; perangkat lunak sistem, perangkat lunak bahasa pemrograman, dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat mengontrol semua perangkat keras sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai sebuah sistem yang utuh. Perangkat lunak sistem lebih dikenal dengan sebutan sistem operasi. Misalnya: Sistem Operasi Windows, Linux, Unix, OS/2, dan FreeBSD. Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak sistem. Misalnya: Visual Basic, Delphi, Turbo C, Fortran, Cobol, Turbo Assembler, Java. Sementara perangkat lunak aplikasi merupakan program jadi siap pakai yang dibuat untuk keperluan khusus. Misalnya untuk keperluan multimedia ada perangkat lunak Jet Audio, Windows Media Player, WinAmp, Real Player. Untuk keperluan aplikasi perkantoran ada Microsoft Office dan Open Office yang terdiri atas beberapa program untuk berbagai keperluan seperti pengolahan kata, angka, data, dan presentasi.
Sementara brainware atau orang marupakan pengguna, pemelihara, pembuat sistem teknologi. Tanpa komponen ini perangkat keras dan perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa.
E.     Klasifikasi Teknologi Informasi
Komputer yang ada saat  ini oleh beberapa  pakar bisa diklasifikasikan berdasarkan  beberapa  sudut pandang, yaitu berdasarkan fungsinya, berdasarkan data yang diolahnya, berdasarkan ukurannya, dan berdasarkan  generasinya.
1                )      Klasifikasi Menurut Fungsi Sistem
Berdasarkan  fungsinya  komputer  dibagi  menjadi  dua  kategori,  komputer  dengan  tujuan  khusus (special purpose computer) dan komputer dengan tujuan umum (general purpose computer).
Special Purpose Computer merupakan  jenis komputer  yang dirancang dan digunakan untuk tujuan- tujuan  pemakaian  pada  masalah  khusus dan  biasanya  hanya  berupa  satu  masalah  saja. Program komputer  telah disediakan  di  dalamnya.  Jenis  komputer  ini  dapat  berupa  komputer  digital  atau analog. Jenis komputer ini banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis di kedokteran, dan sebagainya.
General Purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk menyelesaikan  berbagai masalah.  Dapat digunakan  untuk menyelesaikan  berbagai  macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis, permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk  dalam jenis komputer  ini adalah PC  (Personal Computer) yang biasa digunakan di rumah, kantor atau sekolah.
2                )      Klasifikasi Menurut Data yang Diolah
Berdasarkan data  atau  sinyal masukan yang diolah,   komputer  dapat  dibedakan menjadi komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid. Output yang dihasilkan oleh komputer analog, digital, dan hybrid ini dapat berupa data analog, digital, atau keduanya, yaitu analog sekaligus digital.
Komputer analog  digunakan untuk mengolah data  yang sifatnya berkelanjutan (continuous) bukan berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan, dan  lain-lain.  Output  komputer  analog  biasanya  berupa  pengaturan   atau  pengendalian  (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau  denyut jantung. Kelebihan jenis komputer ini adalah pada  kecepatan  yang dimilikinya dalam menerima data  dalam besaran  fisik  dan  langsung mengolah data tersebut  tanpa harus melalui proses konversi. Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk  grafik.  Kekurangan yang dimilikinya  terletak pada  ketepatan   yang dimilkinya  masih lebih rendah dibanding jenis komputer digital.
Komputer digital digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC yang banyak digunakan orang. Keunggulan  komputer  digital  adalah  tingkat  ketepatannya  yang lebih  tinggi  dibanding  komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik, atau gambar.
Komputer  hybrid  merupakan  kombinasi  antara   komputer  analog  dan  komputer  digital.  Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.

3                )      Klasifikasi Menurut Ukuran
Saat ini ukuran fisik sebuah komputer tidak dapat dijadikan cerminan kapasitas dan kemampuannya. Ukuran komputer  mikro bahkan  notebook  saat  ini melebihi kemampuan  dan kecepatan  komputer mini yang ada pada  tahun  70-an. Perbandingan dapat  saja dilakukan tetapi sesuai pada  masa dan generasi yang sama.
Selain bentuk fisik sebuah komputer,  kemampuannya  dapat  diukur dari kapasitas memori, kapasitas penyimpanan (harddisk), dan kecepatan  prosesor yang dimilikinya. Untuk itu berdasarkan  ukurannya komputer dapat dibedakan atas komputer super (super computer), komputer besar (large computer), komputer  menengah  (medium computer),  komputer  kecil (small  computer),  komputer  mini (mini computer), dan komputer  mikro (micro computer). Semakin besar  ukuran komputer  semakin besar kapasitas memorinya, kapasitas penyimpanannya, jumlah prosesornya. Super computer Super computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan  proses paling cepat. Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan oerancangan  roket. Diantara jenis komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan IBM / International Business Machine). Salah satu buatan.
IBM ini kini digunakan oleh Depertemen  Energi Amerika Serikat untuk melakukan simulasi pengujian nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat  memproses  12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003).
Pada  tahun  2002  ASCI  White atau  biasa juga disebut “Pacific  Blue”  merupakan  komputer  super tercepat  di dunia. Adapun komputer super tercepat kedua dibuat oleh Intel.
a)      Komputer Besar
Komputer besar  biasa  juga disebut mainframe merupakan  jenis  komputer  yang digunakan  pada perusahaan  skala besar untuk menangani pemrosesan  data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer  yang menjadi  pemain  utama  pada  kelas komputer  ini adalah  IBM,  Fujitsu, dan  Unisys. Contoh jenis mainframe yang terkenal adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
Komputer ini disebut juga medium-scale mainframe computer. Komputer jenis ini dapat  mempunyai bermacam-macam  alat input dan output.  Biasanya komputer  ini digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan hingga ribuan terminal yang tepisah dari komputer pusatnya
b)      Komputer Kecil
Komputer ini disebut juga small-scale mainframe computer.  Komputer jenis  ini banyak digunakan untuk multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage.
c)      Komputer Mini
Komputer mini atau mini computer sering juga disebut Midrange, biasa digunakan pada perusahaan- perusahaan   skala menengah  sebagai server.  Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh mainframe yang terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer ini bersifat multiuser. Sebuah komputer  mini dapat  mempunyai beberapa  terminal yang dapat   digunakan  bersama-sama.   Tiap  terminal  dapat   ditempatkan  terpisah  dengan   komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer pertama  yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses  produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.  Saat ini kemampuan  komputer  mini bisa sebanding  dengan  mainframe  atau  supercomputer yang ada 20 silam. Saat  ini komputer  mini bias dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan terminal.
d)     Komputer Mikro
Komputer mikro adalah komputer  personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand  alone, namun  saat  ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan  periferal card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat  bekerja atau belajar. Dengan perkembangan  teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil  dan  portabel  seperti  notebook  yang memiliki  kemampuan  sama  dengan  PC  desktop.  Oleh sebagian orang, notebook  disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC  tablet, personal Data  Asistant (PDA)  atau  PC  saku (pocket PC)  yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
e)      Microcontroller
Mikrokontroler atau  sering disebut sebagai embedded  computer  merupakan  mikroprosesor khusus yang berukuran  kecil yang biasa dipasang pada  peralatan elektronis cerdas,  seperti mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi adalah Motorola dan Texas Instrument.
F.     Peran dan Manfaat
           Manfaat Teknologi Informasi (TI) bagi kehidupan manusia dalam perkembangannya, teknologi informasi (TI) memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Selain mempercepat komunikasi, TI juga memudahkan manusia dalam menyelesaikan urusannya seperti halnya dalam berbisnis, pemebelajaran, intertaiment, bekerja dll.

2. Jelaskan secara terperinci pengertian Komputer, Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.
          Jawab.
          A.    Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti ‘menghitung’, menurut salah satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer berasal dari bahasa Inggris compute. Meskipun begitu, kedua kata tersebut meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni “menghitung”. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya para pakar dan peneliti mempunyai sedikit perbedaan dalam menjelaskan definisi komputer. Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika dijabarkan menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut;
      a). Pengertian komputer 1
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer tersebut dikemukakan oleh Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)
      b). Pengertian komputer 2
Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1). Menerima input
2). Memproses input tadi sesuai dengan programnya
3). Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4). Menyediakan output dalam bentuk informasi
Definisi komputer diatas dikemukakan oleh Menurut Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
     c). Pengertian komputer 3
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer diatas dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)

     d). Pengertian komputer 4
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Definisi tersebut oleh Sanders (1985).

        e). Pengertian komputer 5
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan. Definisi komputer tersebut menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri),

       f). Pengertian komputer 6
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis). Jika ditelusuri lebih jauh lagi, kita mungkin akan menemukan banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun, secara umum kita bisa menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat
      1. Menerima input
      2. Mengolah input
      3. Memberikan informasi
      4. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
      5. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
      6. Serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga hal penting bagi sebuah komputer. Tiga hal penting ini mewakili keseluruhan fungsi komputer, yaitu;
a.       Input data
b.      Pengolahan data
c.       Output data.
Untuk melakukan input data pada sebuah komputer, kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain-lain. Pada fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung dari seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.
B.     Pengertian Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer atau biasa juga disebut dengan hardware adalah seluruh bagian atau komponen komputer yang berebentuk fisik yang dapat di lihat, di raba atau di sentuh secara langsung yang saling bekerja sama
   antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam sistim komputer untuk mencapai tujuan.Nah, dalam perangkat keras komputer itu sendiri ada beberapa bagian penting agar komputer dapat bekerja. Berikut bagian penting atau inti dari perangkat keras komputer.
     1. Input Device (Komponen Masukan)
Input device atau disebut juga dengan perangkkat input berfungsi untuk memberikan masukan ke dalam sistim komputer untuk kemudian di olah oleh perangkat lainnya. Perangkat input tersebut yaitu seperti keyboard, mouse, joystick, scanner dan webcam.

Sebagai contoh perangkat input seperti keyboard komputer, akan memberikan masukan huruf, angka ataupun symbol apa saja yang di ketikkan pengguna pada saat menggunakan komputer.
     2. Proses Device
Proses device atau perangkat pemrosesan adalah bagian yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data yang di masukkan oleh perangkat input device sebelumnya.
Alat pemrosesan dalam komputer disebut cpu (central processing unit) yang merupakan otak atau inti dari komputer untuk mengeksekusi suatu data yang diberikan.
Perangkat pemrosesan juga dapat berupa RAM komputer yang berfungi sebagai memori sementara untuk menyimpan data.
     3. Output Device
Output device adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan atau mencetak hasil dari pemrosesan yang di lakukan komputer. Alat output komputer yaitu seperti monitor atau screen bertugas menampilkan text, gambar ataupun video, berikutnya printer juga berfungsi untuk mencetak hasil dari pengolahan komputer, dan speaker yang biasanya bertugas sebagai output dari audio atau suara yang di hasilkan komputer.
      4. Storage Device
Dari kata storage mungkin anda sudah tangkap apa fungsinya perangkat ini, ya storage atau penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data yang di perlukan dalam sistim komputer baik itu secara permanen ataupun untuk sementara.
C.    Perangkat Lunak
Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
Sistem operasi (operating system) misalnya Linux dan Windows.
Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
·         Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
·         Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
·         Perangkat lunak gratis (freeware)
·         Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
·         Perangkat lunak perusak (malware)

3.  Jelaskan secara terperinci tentang Pemrograman dipandang dari sudut Pengertian dan Definisi, Bahasa Pemrograman dipandang dari sudut Teoritis dan Praktis, serta Profesi Saudara
          Jawab
    A.    Pengertian dan Devinisi Pemrograman
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
·         Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
·         Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
·         Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
·         Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
B.     Langkah-langkah dalam pemrograman komputer
             1.      Mendefinisikan masalah
Ini merupakan langkah pertama yang sering dilupakan orang. Menurut hukum Murphy
(oleh Henry Ledgard):
“Semakin cepat menulis program, akan semakin lama kita dapat menyelesaikannya”.
Hal tersebut berlaku untuk permasalahan yang kompleks. Tentukan masalahnya, apa saja
yang harus dipecahkan dengan menggunakan komputer, dan apa inputan serta outputnya.
     2. Menemukan solusi
              Setelah masalah didefinisikan, maka langkah berikutnya adalah menentukansolusi.
Jika masalah terlalu kompleks, maka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul modul kecil agar lebih mudah diselesaikan. Contohnya masalah invers matriks, maka kita dapat membagi menjadi beberapa modul:
·         Meminta masukkan berupa matriks bujur sangkar
·         Mencari invers matriks
·         Menampilkan hasil kepada pengguna
Dengan penggunaan modul tersebut program utama akan menjadi lebih singkat danmudah dilihat.
3. Memilih algoritma
    Pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut
4. Menulis program
      Pilihlah bahasa yang mudah dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika
sudah dikuasai, memiliki tingkat kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan
platform lainnya.
         5. Menguji program
Setelah program jadi, silahkan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak digunakan.
                6. Menulis dokumentasi
Menulis dokumentasi sangat penting agar pada suatu saat jika kita akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah membacanya. Caranya adalah dengan menuliskan komentarkomentar kecil tentang apa maksud kode tersebut, untuk apa, variabel apa saja yang digunakan, untuk apa, dan parameter-parameter yang ada pada suatu prosedur dan fungsi.
                7. Merawat program
Program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna membutuhkan fasilitas baru yang dulu tidak ada.

4. Multimedia dan Internet berperan Fositif dan Negative dalam pembelajaran, jelaskan secara rinci dari sudut Teoritis dan Praktis, serta Profesi saudara
            Jawab
      A.    Multimedia
·      Dampak Positif
Siswa / mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
Gabungan berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat belajar
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning
·      Dampak Negatif
Dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude pelajarnya.
Keberadaan guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan Baru-baru ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya
B.     Internet
·      Dampak Positif :
1.  Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.   Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4.  Kemudahan memperoleh informasi: kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
·      Dampak Negatif :
1. Pornografi, Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.  Violence and Gore, Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3.    Penipuan, Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.    Carding, Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.   Perjudian, Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Adapun peranan multimedia dan internet memiliki dampak langsung positif yang saya rasakan sebagai seorang pendidik. Dengan adanya multimedia proses pembelajaran menjadi lebih bervariatif dan tidak monoton.
Dengan adanya pembelajaran multimedia proses pembelajaran didalam kelas tidak terus menerus sifatnya hanya ceramah saja akan tetapi ada kombinasi antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis multimedia. Salah satunya ketika materi yang disajikan adalah tentang Peluang dan Inspirasi usaha maka saya selaku guru yang harus mampu bertugas sebagai mentor juga fasilitator dituntut untuk menggali dan meningkatkan motivasi para peserta didik untuk bisa menciptakan peluang usaha dengan menayangkan beberapa video inspiratif dari para pengusaha muda ataupun tayangan para atlit yang memiliki kekurangan pisik akan tetapi berprestasi berkat mereka berhasil menggali potensi yang ada pada diri mereka masing-masing. Secara tidak langsung lewat tayangan tersebut memberikan stimulus yang positif terhadap respon para siswa untuk sama-sama berkompetisi kearah yang lebih baik sesuai dengan potensi masing-masing yang mereka punya. Contoh lain yang dapat diambil dari pemanfaatan pembelajaran berbasis multimedia yang kadang dilakukan di tempat mengajar pada mata pelajaran Jaringan dasar adalah dengan memberikan tugas kelompok kepada para siswa khususnya jurusan multimedia agar penyajian saat persentasi menggunakan berbantuan powerpoint ataupun flash jika mereka mampu sesuai bahasan materi yang telah diberikan sebelumnya tentunya dengan menyisipkan berbagai isntrumen music, gambar, teks atau video agar materi yang disampaikan nantinya lebih menarik.
Dari salah satu contoh kasus tersebut saya sebagai seorang guru merasakan betul dampak positif yang dihasilkan ketika pembelajaran menggunakan bantuan multimedia. Oleh sebab itu mari kita sebagai para pendidik terus bersama-sama mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang ada yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan proses belajar-mengajar didalam kelas. Jangan sampai istilah Pendidik “ketinggalan jaman” membekas pada benak kita karena tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
         Adapun manfaat yang dapat saya rasakan langsung dengan keberadaan internet ketika saya menjadi seorang pendidik Bebrapa manfa’at yang bisa langsung saya dapatkan sebagai seorang guru diantaranya adalah sebagai berikut:
     1.  Mempermudah mendapatkan informasi
Dengan jaringan internet yang tidak terbatas waktu dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun menjadikan saya bisa menggali berbagai informasi-informasi seputar materi pelajaran jaringan dasar ataupun sebagai media informasi bagi para peserta didik dilingkungan Sekolah seperti informasi beasiswa, informasi lowongan pekerjaan ataupun informasi seleksi perguruan tinggi negeri ataupun swasta.
     2.  Sebagai sarana komunikasi
Sebagai guru dilingkungan Sekolah Menengah Kejuruan, kegiatan prakerin menjadi hal rutin yang diadakan tiap tahun. Sehingga kurang lebih selama 3 bulan penuh seorang guru dan para siswa tidak pernah melakukan komunikasi dua arah secara tatap muka langsung. Dengan adanya jaringan internet masalah klasik tersebut sekrang bisa diatasi dengan komunikasi melalui media sosial seperti facebook, instagram ataupun media sosial lainya sebagai sarana komunikasi antara guru dengan siswa terutama yang sedang melakukanm prakerin.
     3.  Sebagai sarana pembelajaran
Seperti yang telah saya lakukan selama 1 tahun kebelakang, internet menjadikan salah satu media penunjang proses pembelajran jarak jauh kepada siswa-siswa prakerin seperti yang saya paparkan sebelumnya. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan blog sarana pembelajaran jarak jauh terhadap peserta didik khususnya mata pelajaran jaringan dasar yang saya didik.

 5.  Jelaskan apa yang dimaksud Etika dalam Teknologi Informasi
      Jawab
Etika (ethic) bermakna sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, tata cara mengenai benar salah tentang hak dan kewajiban yang di anut oleh suatu golongan atau masyarakat.
Teknologi informasi, dalam kontek yang lebih luas ,merangkum semua aspek yang berhubungan dengan mesin (computer dan telekomunikasi) dan teknik yang digunakan untuk menangkap (mengumpulkan), meyimpam, memanipulasi, menghantarkan dan menampilkan suatu bentuk informasi. komputer yang mengendalikan semua bentuk ide dan informasi memainkan peranan penting dalam pengumpulan, penrosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi suara, gambar, teks dan angka yang berasaskan mikroelektronik. Teknologi informasi bermakna menggabungkan bidang teknologi seperti komputer, telekomunikasi dan elektronik dan bidang informasi seperti data, fakta dan proses.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan, bahwa etika dalam teknologi informasi adalah sekumpulan nilai mengenai benar salah dalam proses mengumpulkan data, menyimpan data, dan menampilkan bentuk informasi kepada masyarakat melalui perangkat teknologi informasi.


Daftar Pustaka
sumber http://www.jatikom.com/2016/03/pengertian-komputer.html
http://www.perangkatkeras.net/pengertian-perangkat-keras-komputer/
http://algoritma-pemrograman-universitas.blogspot.co.id/2011/10/langkah-langkah-dalam-pemrograman.html
https://boltremjaya.wordpress.com/2013/10/16/dampak-positif-dan-negatif-perkembangan-multimedia/
http://safitrinopela.blogspot.co.id/
http://muhrizal13.blogspot.co.id/2017/03/multimedia-pembelajaran-dalam-profesi.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak

0 komentar:

Posting Komentar